Storefront of World

Berbagi berbagai macam informasi dan cerita-cerita menarik yang berada di etalase dunia.

Saturday 31 January 2015

Memunculkan Bias Cat Eye Pada Raflesia Chalcedony

Para pembaca dan Pecinta batu mulia,
disini saya akan sekedar share tentang;
Cara Memunculkan Sinar “cat eye” pada Batu Raflesia Chalcedony..
kayak gini  (maaf, untuk gambar saya comot di google);
chalcedony raflesia bengkulu cat eye raflesia chalcedony
  • Pastikan si Batu tersebut memungkinkan untuk dapat menyerap dan memantulkan cahaya. atau istilah lainnya bisa dikatakan mempunyai warna yang bening dan transparan.
  • cari bahan yang terbuat dari besi, mungkin bisa dengan plat besi, lalu potong lempengan tersebut. digunakan untuk sebagai alas bawah sibatu tersebut. direkomendasikan untuk menggunakan warna platnya, kalau tidak silver bisa juga dengan warna emas.
  • ada baiknya, sebelum batu meluncur ketahap berikutnya yaitu pemotongan/pemolesan, alangkah baiknya batu tersebut permukaannya disenter dan dilihat dengan lup untuk memastikan serat dari batu tersebut.
  • untuk memunculkan cat eye ini, kita hanya bisa menggunakan tipe ikatan yang berbentuk mangkuk. agar, pantulan cahaya dari luar yang menembus batu akan dipantulkan kembali searah dengan serat-serat batu tersebut.

Nah, sekarang sudah paham kan, caranya membuat tampilan Cat Eye..
Semoga bermanfaat..
Makasih sudah mampir ^_^

14 comments:

  1. Om mohon pencerahan ttg cara mmunculkan catveyes, di atas di sebutkan ttg plat besi , fungsi nya sbg apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @bang ubai dillah ; aduh jgn panggil om dong bang haha, sebelumnya makasih udah berkunjung,baca&komen dithread/post ini bang. Oh ya, untuk plat besi sendiri itu punya sifat memantulkan cahaya bang, nah ntr si plat besi ini dibuat lingkaran menyesuaikan dudukan si emban, terus baru si batu ini ditaroh diatasnya. Itu, kalo batunya bagus, dlm artian bagus itu punya warna yg jernih, kalok kenak cahaya pastikan si cahaya nembus si batu kan? Nah nanti si cahaya ini dipantulin sama si plat besi itu bang, nah, ntr bisa jadi bias cat eyes..

      Semoga mencerahkan si abang
      Jelasnya digambar udah ada visualisasi kalo bawah batunya dikasih plat...

      Delete
  2. Serat batu seperti apa yg bisa memunculkan fenomena cat eye bang???mohon pencerahan..thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Jhon Fendy : asalkan si batu memiliki tingkat transparansi/tembus sinar, terus bawahnya dikasih plat, bisa terlihat kok bang... terimakasih sudah mampir dan berkomentar di blog saya bang...

      Delete
  3. Serat batu seperti apa yg bisa memunculkan fenomena cat eye bang???mohon pencerahan..thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Jhon Fendy : asalkan si batu memiliki tingkat transparansi/tembus sinar, terus bawahnya dikasih plat, bisa terlihat kok bang... terimakasih sudah mampir dan berkomentar di blog saya bang...
      Cmiiw (call me if i wrong)

      Delete
  4. paham bang, jadi efek cat eye itu bisa kita buat yah. setidaknya dengan kondisi kesesuaian dengan serat dari batu tersebut kan. okelah kalau begitu ini info yang sangat baik dan bisa jadi rujukan. Trims

    salam batu

    ReplyDelete
  5. @Tuan_Li : yap, benar sekali, syukurlah jikalau infonya membantu ^_^.. terimakasih sudah mampir disini ya @Tuan_Li, terimakasih juga sudah berkomentar.

    ReplyDelete
  6. ma'af om mu nanya lw tanpa plat bisa ga??misalnya emban mangkuknya udah bening ky stenlis.mohon pencerahanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ryan : makasih bang ryan udah mampir di blog saya juga memberikan komentar.. kalo punya saya sih ada tuh yang langsung dipasang tanpa plat, itu bisa muncul biasnya cuman kurang maksimal bang. plat disini tuh memfungsikan biar bisa maksimal gitu bang.. kalo saya boleh ngasih saran sih mending dikasih plat sih bang, biar maksimal..
      semoga membantu jawaban dari saya ini ya bang..
      terimakasih ^_^

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Mas mau tanya... Plat yg digunakan biar cat eye na muncul jenis apa?? Beli dmn yah?? Thx mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih mas @Affan Tauffan Telah berkunjung dan memberikan komentar, platnya bisa kok pake plat yang bekas bungkus rokok, atau kaleng2 gitu juga bisa asalkan warna silver/gold. yang tujuan dr platnya tuh mantulin cahaya.

      Delete