Storefront of World

Berbagi berbagai macam informasi dan cerita-cerita menarik yang berada di etalase dunia.

Saturday 31 January 2015

Si Raflesia Chalcedony, Kemilau Indah Dari Bengkulu

Hallo Para pengunjung dan pembaca setia artikel blog dan pecinta batu mulia yang hormati, sebelum saya masuk ke topik pembahasan, Saya ingin berbasa-basi dahulu.
Terima kasih atas kunjungan kalian pada blog saya ini dan juga terimakasih atas jejak-jejak yang kalian tinggalkan pada kotak komentar pada blog saya ini.
semoga, artikel yang saya tuliskan disini, dapat menambah wawasan bagi kita semua juga menambah wawasan saya juga.

oke, saya sudahi berbasa-basinya, kali ini saya akan membahas/mengulas tentang batu RAFLESIA CHALCEDONY.
Mungkin, ditelinga bahkan dipikiran pembaca sendiri tentang Raflesia tidak asing lagi kan? yap. benar, itu adalah bunga bangkai yang dilindungi di INDONESIA, dimana bunga itu bisa ditemukan di BENGKULU. tapi.. disini kita tidak membahas hal itu. disini kita akan membahas tentang BATU. yang sering dipandang sebelah mata, dengan kata-kata “ih, cuma batu aja. apa sih bagusnya”.
Kata-kata seperti itulah yang sering terucap dari seorang awam.

Baiklah,
batu raflesia chalcedony
Raflesia Chalcedony ini batu yang memang unik, indah dan punya daya tarik yang mempesona, yang terkenal dari batunya itu memiliki fenomena mata kucing. yang sering disebut Cat Eye.
Batu Raflesia Chalcedony ini ditemukan pada kedalaman tanah 2 sampai 5 meter. dan ada juga yang ditemukan di lapisan tanah sepanjang bibir pantai pada kawasan muara sungai pertemuan antara air tawar dan air laut.
  • Chalcedony sendiri tersusun oleh microcrystalline atau cryptocrystalline. berupa kristal-kristal kuarsa yang tersusun amat rapat di dalam daging batu. kekerasan batu ini mempunyai nilai 6,5-7 dalam skala mohs.
  • Untuk karakter sendiri, batu ini memiliki warna seperti berkabut. sehingga terkesan kusam atau buram bercahaya. tetapi ada, untuk kelas yang High Quality sendiri yang mempunyai warna yang transparan.
  • konon, kalau lapisan kapur yang menyelimuti batu itu tebal, pertanda umur dari batu tersebut sudah mempunyai umur yang cukup tua.78949266_54866c5489887
  • untuk bahan, biasanya bahan dari batu ini berongga seperti batu karang berwarna putih. untuk memastikannya, biasanya para penambang memotong balutan kapur tersebut menggunakan linggis, sehingga terlihat daging dari batu tersebut. berwarna merah, kuning, orange atau putih.
Batu ini, membawa rejeki bagi para pedagang di kota Bengkulu, para pedagang pun jika ingin menjual dalam bentuk bahan, mereka sudah memotong bahan tersebut kira-kira berukuran 3 – 5cm. dan untuk harganya sendiri, bervariasi tergantung dengan kualitas dari batu tersebut.
Akan tetapi, masih kalah mahalnya jikalau, si bahan tersebut sudah mengalami pemolesan sehingga sudah berbentuk faset/oval. apalagi kalau fenomena cat eye bisa terlihat. harga bisa cukup fantastis.

nah, para pecinta batu mulia/permata dan pembaca setia blog saya, itu tadi ulasan saya tentang batu raflesia chalcedony.. yah, kalau dikata “cuma batu kok mahal”. ya yang namanya rasa bahagia/senang itu memang mahal harganya..
tapi, kita pun harus bersikap lebih bijaksana dalam menanggapi perihal keluhan seperti itu.. bukannya malah balik mencaci-maki si awam.. ^_^
kita harus menyayangi ciptaan Tuhan.. ^_^
Terimakasih sudah menyempatkan untuk membaca artikel saya..
beberapa sumber dari : Indonesian Gemstone Majalah.

>>>>Untuk Tips Membuat Bias Cat Eye disini..<<<< 

No comments:

Post a Comment