Storefront of World

Berbagi berbagai macam informasi dan cerita-cerita menarik yang berada di etalase dunia.

Wednesday 25 February 2015

Sang Magnet dari Kebumen, The Magnetsteen of Kebumen.

Halllo pembaca, pembanding, pengeksplor pengetahuan dan pecinta batu mulia…
selamat datang kembali diblog saya ini. terimakasih banyak atas kunjungan kalian selama ini..

wahh-wahh, makin ramai aja ya orang-orang yang jualan dan pakai yang mereka sebut ‘batu akik’ ini. dan makin banyak pro-kontra dari membumingnya batu. hahahaha.
yah, begitulah awam menyebutnya. ‘AKIK’.
emang sih gak salah, tapi ‘akik’ punya konotasi sendiri dikalangan masyarakat. yaitu sebagai batu bertuah. kan bingung juga kalau misal dari pengunjung blog ini ada yang ngejual batu mulia, terus ditanyain gini sama pembelinya ‘ini ada isinya gak ?’. sekilas pertanyaan yang menegaskan ‘isi’ tuh terdengar lucu. kenapa? ya jelas-jelas ini jualan batu mulia, bukan jual ‘isi’. kalaupun ada yang menginginkan batu yang ‘berisi’ itupun yang jual cuma sesama pecinta ‘klenik’.
dan akik tuh sebenernya nama ilmiahnya adalah AGATE.
Nah, sekarang pahamkan kenapa bukan akik ? akan tetapi BATU MULIA.
Terus ada yang bilang, ‘ya biarin lha wong aku tahunya akik kok, toh sama-sama batu’. oke, bila muncul pertanyaan yang seperti ini. maka biarkanlah, daripada kalian membuang-buang waktu menjelaskan panjang lebar. hahaha terapkan bersikap damai ya.. karna damai itu indah.
oke, saya sudahi basa-basinya, sekarang saya mau bahas si ini nih, Batu Badar Besi. pasti diantara pembaca sudah ada yang tahu nih, tapi saya akan mencoba menambahkan pengetahuan tentang batu tersebut..
badar besi badar besi merah

BATU BADAR BESI, sebuah batu jenis ini punya unsur besi (fe) yang cukup tinggi, batu ini memiliki kekerasan berkisar 5-6 skala mohs. dan batu badar tersebut punya warna yang gelap seperti coklat dan hitam. seperti batu badar yang berasal dari Amerika Latin. tapi, berbeda dari Indonesia nih, warna batu badar di Indonesia sendiri, tepatnya yang berasal dari daerah KEBUMEN. memiliki beberapa varian warna, yakni ; merah, hijau, biru, coklat bahkan kristal dan ada juga yang memiliki dari warna-warna tersebut yakni dijuluki badar besi pancawarna.
Tidak bisa semua yang memiliki warna tersebut dijuluki sebagai batu badar besi, kita pun bisa mengecek/meneliti dengan membawa magnet, lalu menempelkan/mendekatkan ke batu tersebut. jika memang memiliki daya tarik pada magnet, berarti benar batu tersebut adalah batu bada besi.
untuk batu ini, yang paling banyak dicari yakni batu badar besi berwarna merah, yang sering disebut sebagai batu badar cabe, kenapa? karena batu yang memiliki warna merah itu, termasuk langka dan susah dicari. karena kelangkaan inilah banyak diburu oleh kolektor batu.
ohya, konon katanya, batu ini juga punya khasiat loh (katanya, namanya aja katanya. bener atau enggak, ya gak tau). ini dia khasiatnya ;
  • bisa memperlancar peredaran darah.
  • mengurangi pegal-pegal.
  • dan mengurangi pikiran stress.
dan, menurut ahli metafisik, ini batu tuh bisa sebagai penjagaan diri dari hal negatif dan dapat memancarkan aura keberuntungan. (katanya sih).
Tapi, tetep TUHAN yang MAHA PEMILIK SEMUA KEKUATAN. yang harus ditakuti ya TUHAN. jangan sampai kalian para pembaca memakai benda hanya untuk menduakan-NYA.
maka, berpikiran positif dan sebar kebaikan-kebaikan ya pembaca.. siapapun pengirim dan penerima kebaikan, yang namanya kebaikan adalah kebaikan. ^_^
nah, itu ulasan dari saya tentang batu badar besi / The Magnetsteen.
terimakasih atas kunjungan dari para pembaca….

sumber; indonesian gems.

No comments:

Post a Comment