Storefront of World

Berbagi berbagai macam informasi dan cerita-cerita menarik yang berada di etalase dunia.

Thursday 12 March 2015

Obsidian Si Kaca Alam Semesta

Selamat datang kembali ke blog saya ini para pembaca..
Disini saya enggak akan basa-basi, saya akan langsung pembahasan yang orang awam sering bilang kaca biasa. bahan imitasi. yaitu OBSIDIAN.


babaysans.blogspot.com
Obsidian Kalung Koleksi
babaysans.blogspot.com
Obsidian Cincin Koleksi
Obsidian bisa disebut juga kaca, akan tetapi bukan kaca bisa akan tetapi kaca alam. si Obsidian ini adalah kaca yang terbentuk dari lava gunung berapi yang udah membeku atau bisa disebut juga, si batu ini mengalami pendinginan suhu yang cukup cepat. karena proses pendinginan yang sangat cepat ini, maka jarang ditemukan pembentukkan kristal didalam batu tersebut. jadi, tidak ada struktur kristal didalamnya seperti halnya batu mineral lain.

Obsidian sendiri memiliki beberapa warna, diantaranya yaitu :
  • kuning
  • putih
  • merah (jarang)
  • biru
  • hijau
  • hitam
batu ini, ditemukan dalam keadaan yang memang benar-benar mengkilat, berkilau walaupun si batu ini belum dipoles. ya namanya juga kaca alam. Obsidian terbentuk dari komposisi 70% silicon dioxide, bahkan jika tercampur dengan warna lain, si obsidian ini akan ikut berubah warna. dan memiliki tingkat kekerasan batu 5 - 5,5 skala mohs. dari rata-rata kekerasan obsidian ini, maka dapat digolongkan sebagai batu mulia yang bisa dikatakan tanggung.

jikalau para pembaca memiliki batu obsidian ini, kalaupun ada yang mengatakan "ah ini cumak kaca". maka, iya-kan saja, dan beri sedikit pengertian mengenai makna kaca sesungguhnya adalah kaca alam.
dan, kalau ada yang bilang "ah ini masakkan/buatan".
disini, kita bisa melemparkan balik kalimat "masakkan". dengan "memangnya tahu dari mana kalau ini masakkan?". dan kalau dijawab "tuh, disenter aja ada gelembungnya terus digesekin ke touch screen gak ngefek".
nah disini para pembaca harus bersikap cerdas, jadi tidak perlu masuk lubang dengan mata terbuka lebar.
  1. tidak semua batu mengandung unsur pembentuk/mineral/komposisi yang sama dimana bisa menimbulkan efek touch pada hh/smartphone. cuma batu-batu tertentu yang bisa. dan cara tersebut gak efektif untuk mendeteksi keaslian si batu.
  2. gelembung? pada obsidian hanya terdapat gelembung berupa gas/udara. yang bisa dibuktikan dengan mikroskop/bisa dipriksa di laboratorium khusus batu. dan, mengetahui itu gas dengan cara membelahnya. jika, itu gelembung gas/udara, maka pada gelembung itu jika dipotong maka terdapat cekungan.

Dan, pada era dahulu, batu ini sering dipergunakan untuk senjata. biasanya jadi mata tombak, dan alat-alat bedah.
batu obsidian bisa ditemukan didaerah yang terdapat gunung vulkanik, jepang, Indonesia, mexico, Arizona dan banyak lagi.

hehehe, makasih para pembaca.. semoga pengetahuan tentang batu makin bertambah.. "buat apaan". bukan buat apa-apa, ya namanya juga ilmu. kita gak akan tahu ilmu mana yang akan dipergunakan dikehidupan yang mendatang.. hehe
terimakasih sudah membaca ^_^

>> BACA JUGA BATU CYCLOPE <<
>> BACA BATU BADAR BESI <<
>> TIPS PILIH EMBAN <<
>> BACA TIPS MEMUNCULKAN BIAS CATEYE <<
>> BACA RAFLESIA CHALCEDONY BENGKULU <<
>> BACA ASAL-USUL SI BATU AKIK <<
>> BACA BLUE OPAL SUKABUMI <<

No comments:

Post a Comment