Storefront of World

Berbagi berbagai macam informasi dan cerita-cerita menarik yang berada di etalase dunia.

Thursday 2 April 2015

Sang Opal Si Kristal Biru Dari Sukabumi

Para pembaca dan penggemar batu mulia, saya baysan mau ngebahas tentang batu lagi nih, tapi pertama-tama nih kita harus menebar sifat dan sikap berkaitan dengan hal-hal kebaikan hehe..
ingat ya pembaca/penggemar, batu bukanlah segala-galanya tapi jangan memandang sembelah mata yang memang kita belum tahu itu. memang sih kadang hal itu dianggap “emang aku harus tau? tapi aku gak peduli. kamu ngomong apaan”. tapi, disini saya cuman mau memberi pengetian setidaknya kalian tidak berkata apapun tentang hal memang tidak diketahui. lebih sangat menghormati lagi, mana kala sudah tidak tahu, alangkah baiknya bertanya orang yang mumpuni didalam bidangnya. dalam hal ini, saya juga dalam tahap mempelajari untuk menambah ilmu-ilmu pengetahuan. belajar itu enggak harus dengan hal yang umum, belajar bisa dengan apapun,siapapun dan dimanapun. hehehe..

kita, masuk dalam bahasan si kristal biru aja, intermeso yang basa-basi dari baysan udah cukup nih.
kalian tahu yang banyak orang sebut ‘kalimaya’ ? nah, inilah nama ilmiyah dari kalimaya adalah OPAL.
tapi, disini saya bahas OPAL tapi, warnanya biru. mereka sebut BLUE OPAL. batu ini tersusun dari silicon dioxide dengan penguatan sedimentasi material vulkanik. dengan kekerasan 4 hingga 6,7 sala mohs, dengan indeks bias 1,44-1,46. sehingga batu BLUE OPAL ini memiliki sifat yang mudah retak serta warna yang akan memudar jika sering terkena sinar matahari secara langsung.

BLUE OPAL Sendiri adalah salah satu batuan INDONESIA yang berasal dari SUKABUMI, JAWA BARAT. konon, batu BLUE OPAL sendiri udah ditemukan sejak tahun 1990. (nah, disini nih kita harus bangga dengan adanya si batu, daerah pun akan terangkat pamornya. kalian patut bangga, bukannya memandang sebelah mata seakan-akan, batu itu hal yang ‘norak’). balik lagi ke pembahasan, batu dari daerah ini punya ciri khas yang memang mencolok, yakni didominasi dengan warna biru tua di selingi (urat) garis tipis kuning emas cerah dan putih yang tidak berurutan membuat kulit batu ini memiliki nilai seni menjadi jenis batuan pictorial agate atau akik gambar. dan pada daging si batu ini “BLUE OPAL” didapati warna biru tua polos dan berkristal tetapi yang ini susah nyarinya, dan banyak banget kolektor batu yang nyari ini. dan si blue opal ini sangat bagus bilamana dicadikan cincin, liontin ataupun anting-anting. itu kembali lagi keselera pemilik si batu hehehe..

Anting Blue Opal Kalung Opal

nah, sekian bahasan kali ini dari saya baysan. tetaplah bersikap dan menebar kebaikan ya pembaca :)

No comments:

Post a Comment