Storefront of World

Berbagi berbagai macam informasi dan cerita-cerita menarik yang berada di etalase dunia.

Saturday 28 March 2015

Tahu Nggak Sih Asal-Usul Yang disebut Akik

Halo para pembaca setia blog saya..
Dari survey versi saya, sudah agak menurun nih rating trendi si batu mulia..
ah, gapapa.. disini saya kan cumak ngasih info aja haha..

ohiya,
Masih ada ya yang ngejelek-jelekin bahkan memandang sebelah mata produk dalam negeri ? sudahlah, hentikan... haha. berbuatlah baik dan sportif kawan.. sesuatu yang baik akan kamu unduh dikemudian hari kok (^_^)

Nah, kita mulai masuk nih ke topik utama kita
Kali ini, saya mau membahas,mengupas dan mengulas tentang asal-usul si batu akik.

Batu mulia merupakan anggota elite dari mineral alam. kenapa sih kok disebut elite? soalnya tuh dari sekitar 3000 jenis mineral di BUMI, hanya terdapat 150-200 yang bisa digolongkan sebagai batu mulia.

babaysans.blogspot.com


Indyo Pratomo adalah geolog dari Museum Geologi Bandung, mengatakan "Sebagaimana mineral alam lainnya, pembentkkan batu mulia terjadi melalui proses geologi sebagaimana batuan lainnya, misal melalui diferensiasi magma, metamorfosa atau sedimentasi".

Berawal ketika dapur magma yang beraktivitas di perut bumi. batuan cair bersuhu diatas 1000 derajat celsius ini terus bergerak dalam selubung atau mantel bumi. di luar ini lah adalah lapisan kerak bumi, yang tersusun dari lempeng-lempeng yang terus bertumbukan dan mentisakan banyak retakan. tekanan yang kuat mengakibatkan magma untuk mencari jalan keluar ke permukaan. ketika cairan superpanas ini mulai naik, cairan ini akan melarutkan berbagai batuan lain yang telah ada. nah inilah yang dimaksud dengan proses pelarutan atau ubahan HIDROTERMAL.

INTAN merupakan batuan yang terbentuk di lapisan luar mantel Bumi, di kedalaman 161 kilometer. Di kedalaman ini, tekanan mencapai 4 Gpa dan suhu lebih dari 1350 derajat celcius. ini merupakan tekanan dan suhu yang sangat luar biasa kuat dan juga panas. ini kemudian mengubah mineral karbon anorganik di kerak Bumi (beda dengan karbon organik yang membentuk batubara). intan yang kita temukan sekarang adalah hasil pembentukan proses jutaan-miliar tahun yang lalu. 
Dan kalian masih menganggap sebelah mata tentang batu alam ? lihatlah siapa yang lebih dahulu ada..

batu mulia berdasarkan kekerasannya sebagai berikut :
  • Intan 10 mohs.
  • Safir & Ruby 9 mohs.
  • Zambrud 7-8 mohs.
  • Agate (istilah awam menyebutnya Akik) kurang dari 7 mohs.
Batu Akik terbentuk dari tudung-tudung silica atau larutan hidotermal, yang tidak terlalu jauh dari permukaan. temperaturnya berkisar 300 derajat celsius.
dia terbentuk ketika larutan hidotermal semakin mendingin karena semakin dekat dengan permukaan dan mengisi rekahan pori-pori batuan, bahkan mengisi fosil kayu sehingga membatu.

kekayaan batu mulia dan setengah batu mulia ini karena aktivitas geologi sejak jutaan tahun lalu, dan aktivitas geologis tertua di INDONESIA yang terlacak terjadi sekitar 400juta tahun yang lalu, dimana telah ditemukan fosil sejenis kerang berada di puncak gunung-gunung di Papua. ini memang menandakan adanya aktivitas tektonik yang sangat-sangat luar biasa di BUMI ini sehingga bisa mengangkat dasar laut hingga membentuk pegunungan tertinggi di INDONESIA

subhanallah..

kita harusnya bersyukur akan adanya hal ini, bukan malah menjadi celaan atau bahkan caci maki kaum yang tidakpaham apa-apa. memang, pribahasa 'tong kosong nyaring bunyinya' itu hal yang nyata.
sebelum membuat opini yang memandang sebelah mata, lebih baik 'isilah tempat anakpanahmu sebelum memanah'.

sumber ; indonesia gemstone, kompas, pengetahuan pribadi

No comments:

Post a Comment