Storefront of World

Berbagi berbagai macam informasi dan cerita-cerita menarik yang berada di etalase dunia.

Friday 14 November 2014

Cukup Tahu : Solar Aceh Sang Pemikat


solar aceh
solar aceh
solar aceh



Halo para pembaca..
dan Hallo Penggila Batu Mulia..

kali ini saya akan membahas/sedikit mengupas tentang batu yang wah banget ini. yaitu solar aceh.
dimana kalo batu yang HQ (high quality) kita goyang-goyangin nampak seperti ada air di dalamnya.
 yap, untuk ilustrasi bisa dilihat beberapa gambar yang saya comot dari google. seperti yang tampak diatas..
okey, udah basa-basi saya nih, kita mulai aja kupas mengupasnya..

Pada dasarnya bahan - bahan batu SOLAR ACEH adalah varian jenis lumut belimbing, akan tetapi warna yang memang berbeda didalam satu bongkah inilah yang membuat warna kecoklatan itu identik dengan warna solar, ini bisa terjadi karena posisi didalam air itu tertanam didalam tanah dan hal itulah yang menyebabkannya berbeda.
dalam satu bongkah bahan terkadang terdapat 4 warna yaitu hijau,coklat,kuning dan warna hijau cincau.

untuk besarnya sendiri bahan solar aceh yang saat ini ditemukan bongkahan paling besar sekitar 800kg, dan itupun belum tentu memiliki hasil yang bagus semua, untuk mendapatkan bahan batu solar aceh pada kenyataannya ada beberapa tempat yaitu di dasaran sungai , gunung dan didalam tanah. namun, jika kita berbicara tentang kualitas untuk jenis ini, yang di dalam air lah yang memiliki kekristalan yang sempurna. mengenai fenomena luster atau klep air posisi dalam air namun terkena sinar matahari langsung itu yang memungkinkan adanya luster sempurna.

jadi, menentukan bahan solar aceh harus jeli dan teliti, karena varian idocrase ini memang memiliki potensi mudah retak saat sebelum diproses, jadi memang harus hati - hati dalam mengerjakannya. media gosok pun harus diperhatikan dalam proses media air selalu diperlukan guna meredam gesekan panas dan menghindari adanya pecah. varian batu solar aceh memang menjadi warna baru dibelantika perbatuan nasional, dari bahan yang ukuran dan bentuk alamnya bervariasi juga bisa dijadikan parameter akan kualitas dari newcomer batu solar aceh.

nah, hadirnya batu solar aceh ini untuk Indonesia semakin menambah perbendaharaan warna warni kekayaan batu mulia asli Indonesia dan diharapkan mampu bersaing dengan pendahulunya, yaitu sang lumut aceh yang sekarang sudah mendunia.

wah memang, Indonesia itu disamping kaya akan budaya juga kaya akan batu alamnya.
Amazing Indonesia..

sumber : majalah indonesiangemstone

No comments:

Post a Comment