Storefront of World

Berbagi berbagai macam informasi dan cerita-cerita menarik yang berada di etalase dunia.

Friday 14 November 2014

Cukup Tahu : wow, Solar Idocrase dari Aceh

Selamat datang pembaca & penggemar batu mulia yang ada di Indonesia bahkan dunia...
Aceh yang mempunyai pesonanya sendiri..
 dan, ini ulasannya..

Di ujung barat wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia ada satu propinsi yang sangat terkenal dengan nunansa religi, dan keindahan alamnya. disamping tanahnya yang sangat subur menjadikan pertanian dan perkebunan disana benar - benar memberi nilai plus bagi masyarakatnya. Di sanalah Nanggro Aceh Darussalam Bumi Serambi Mekah. dan disana juga memiliki potensi kekayaan alam yang luar biasa khususnya batu alam yang sangat fenomenal, bagaimana tidak, diawal tahun 2014 yang lalu tepatnya akhir bulan januari, satu varian jenis batu telah diperkenalkan ke publik dengan nama Lumut Aceh dan belum hilang kekaguman akan keindahan batu lumut aceh, dibulan Agustus dihebohkan kembali oleh batu Aceh dengan satu varian terbaru berjenis batu IDOCRASE dengan nama "SOLAR ACEH".

penamaan solar aceh ini sendiri diambil dari variannya yang memiliki warna yang menyerupai minyak solar, karna warna menarik inilah dan sepadan dengan warna solar, maka akhirnya oleh para seniman batu di Tanah Rencong menamainya "SOLAR ACEH".

Batu tersebut pertamakalinya ditemukan di Aliran Sungai desa Ketambang dan desa Pecat kecamatan Pantai Cermin.

Untuk teksturnya sendiri, batu jenis Idocrase ini cukup keras, yaitu rata-rata 7 mohs, sehingga dalam pengerjaan batu jenis 'solar aceh' ini harus sangat berhati - hati serta perlu ketrampilan khusus untuk bisa membaca arah serat pada batu tersebut.  apabila tidak hati - hati kemungkinan retak bahkan pecah itu bisa menjadi resiko tersendiri.

dan kebanyakan, para pemilik batu tersebut membuat dalam bentuk cabochon atau setengah lingkaran, pola ini dipakai agar bentuk batu pada cincin nantinua akan kelihatan kekar tapi punya keagungan.

untuk penamaanya sendiri, batu 'solar aceh' di kategorikan menjadi tiga nama :
  • SOLAR ; jenis ini akan menampilkan warna coklat persis seperti warna minyak solar yang biasa di gunakan pada bahan bakar mesin diesel.
  • BIO SOLAR ; jenis ini memiliki ciri-ciri warna coklat kehijauan dengan fenomena luster/klep air berwarna kekuningan dimana jenis ini yang memiliki harga tinggi tergantung kualitas dan ukurannya.
  • CINCAU ; jenis ini akan menonjolkan warna hijau kekuningan, sehingga secara visual terlihat warna cerah, tapi ada juga yang dominan lebih tua untuk 'cincau'.
ini membuktikan bahwa kreatifitas akan keanekaragaman jenis-jenis batu dari kabupaten Aceh Barat propinsi Nanggro Aceh Darussalam seakan tidak pernah kehabisan kekayaan alam akan potensi-potensi batu mulia, sungai-sungai yang mengalir disepanjang tempat di Bumi Serambi Mekah ini seolah bagaikan singasana sang idocrase, tak salah apabila Lumut Hijau Di Ujung Barat Indonesia ini menjadi raja baru di dunia perbatuan asli Indonesia

wah memang ya Indonesia itu kaya raya..
Amazing INDONESIA..
makasih udah meluangkan waktunya,,,,,,
lanjutkan untuk membaca tentang solar aceh ini yuk >> klik disini

No comments:

Post a Comment