Storefront of World

Berbagi berbagai macam informasi dan cerita-cerita menarik yang berada di etalase dunia.

Monday 27 October 2014

Cukup Tahu : OPAL


kasatrian gems
Mezezo Opal (Mexico)














Hallo para pembaca dan pecinta Batu-batu mulia. kali ini saya akan mengangkat/membahas tentang batu unik yang satu ini. yaitu OPAL. kalau orang awam biasa menyebutnya dengan kalimaya. jangan salah lho, batu ini juga bisa dikatakan batu mahal. apa lagi jika corak pada batu tersebut memang benar-benar memikat. Banyak sekali orang awam khususnya berpendapat "kenapa sih kok cuma batu aja mahal ?". ya karena harga itu tidak pernah bohong. cuma ada beberapa orang nakal yang menyalah gunakannya demi mendapat keuntungan melimpah.

Disini saya akan mematahkan pendapat bahwa "aah cuma batu aja kamu harga mahal, emang apa sih gunanya". biasanya para penjual batu khususnya sering mendapatkan argumen seperti ini. perlu diketahui aja, para penjual batu itu dulu didasari oleh hobby. dan mereka menjual kesenangan dari hobby mereka. tahu harga kesenangan? tentunya mahal kan?. ya, itu termasuk dari kebutuhan TERSIER. dan setiap manusia berhak akan itu. jadi jangan salahkan siapa-siapa.

ya, cukup basa-basi dari saya, mari kita masuk bahasan tentang batu cantik OPAL;

OPAL sendiri adalah bentuk amorfis dari silika yang berkaitan dengan kuarsa. 3% hingga 21%nya berat keseluruhannya berupa air. tapi isinya biasanya 6 hingga 10%. opal terbentuk pada suhu yang relatif rendah, dan ada diretakkan setiap jenis batuan. terutama pada limonit, batu pasir, basal, riolit dan marl. 97% opal berasal dari Australia dan merupakan batu permata nasionalnya. wikipedia.

Permaisuri di Roma Kuno, opal di lambangkan sebagai cinta dan harapan. banyak ahli percaya kandungan opal telah berumur 15-30juta tahun yang lalu. dan dari sumber australia sendiri mereka mempercayai bahwa opal terbentuk 400juta tahun yang lalu. wow, mengagumkan.

Dalam istilah sederhana opals adalah produk dari hujan musim kemarau basah. tanah yang basah kuyup dalam hujan di bawah batu silika membawa silikanya menghilang kebawah. selama periode kering banyak air menguap meninggalkan deposit padat silika dalam permainan warna terjadi ketika cahaya berinteraksi dengan opal mulia dan susunan teratur dari bola silika, sebagai gelombang cahaya perjalanan antara bola yang lentur gelombang atau tikungan. ketika mereka menekuk memecah menjadi warna spektral menyebabkan memainkan warna..

Ada beberapa opal yang dikenal yaitu opal hitam, opal air, opal putih, kristal opal, matrik opal, opal api dan opal tempelan. Opal hitam memiliki latar belakang gelap. Opal bisa berwarna gelap, coklat, abu-abu, biru dan hijau tetapi mereka harus tampak hitam dalam cahaya yang dipantulkan disebut BLACK OPAL. BLACK OPAL memiliki harga tertinggi dari semua jenis OPAL.

SUMBER OPAL;
umumnya opal banyak di temukan antara lain di negara negara sebagai berikut; Indonesia, Australia, Brazil, Mexico, Amerika, Canada, Ethiopia dan Honduras.

Sekian bahasan saya, semoga membatu pembaca menambah pengetahuan tentang 'batu' dan menghargai akan 'batu' tersebut.

beberapa sumber dari : Majalah Indonesian Gemstone.

No comments:

Post a Comment