Storefront of World

Berbagi berbagai macam informasi dan cerita-cerita menarik yang berada di etalase dunia.

Saturday 4 October 2014

Berlian Dan Bumi Sama Tuanya


Pasti para pembaca belum banyak yang mengetahui tentang usia berlian.
ternyata, usut punya usut. usia Berlian itu sama tuanya dengan usia Bumi. Makanya Berlian itu mahal dan sangat memukau.

Berikut ini ulasannya :

Para Ilmuwan telah menemukan berlian yang berusial lebih dari 4 miliyar tahun dan terjebak di dalam kristal zirkon di wilayah Jack Hills di Australia Barat. Hampir setua bumi itu sendiri dan dianggap sebagai berlian terestrial tertua yang pernah ditemukan, sehingga permata bisa dijadikan observasi mengenai evolusi planet kita. wow, sungguh menakjubkan..

Panas atau Tidak ?

Dahulu, sekitar 4,5 Miliar tahun yang lalu, Bumi dibentuk dari awan debu di sekitar proto Matahari. pada awal pembentukannya bumi sering kali terkontaminasi oleh suhu planet-planet disekitarnya, dan permukaan bumi cenderung melonjak diatas 10.830 derajat Fahrenheit (6300 derajat Celsius). Dan ketika suhu bumi mulai mendingin, lava cari berbentuk gel menyusup diantara bebatuan. dan batu apa saja yang terbentuk masihlah menjadi perbedatan yang sengit dikalangan ilmuwan batuan, karena keterbatasan data yang dimiliki.

Salah satu perdebatan tersebut berfokus pada apakah awal bumi ditutupi oleh lautan lava panas atau jika permukaan planet telah mendingin, hal itu cukup bagi batuan-batuan untuk membentuk berbagai formasi?

Kristal Zirkon bisa memberikan jawabannya. kristal ini sulit dan relatif tahan terhadap proses pencairan. Akibatnya, kristal ini bisa mempertahankan sifat kimia dan dapat memberikan petunjuk penting tentang peristiwa masa lalu yang terjadi di kerak bumi dan magma.

Penelitian terbaru, Zirkon memberi petunjuk bahwa bumi mungkin telah berproses mendingin jauh lebih cepat daripada yang diperkirakan sebelumnya, dengan kerak benua dan lautan yang terbentuk 4,4 miliyar tahun yang lalu.

Material Berlian menunjukkan suatu petunjuk yang mendukung temuan tersebut, kata anggota tim studi Thorsten Geisler dari Institut Mineralogi di Universitas Munster di Jerman

"Kami cukup yakin bumi telah mengalami proses pendinginan lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya. karena jika tidak, kita tidak bisa menembukan berlian". kata Geisler LiveScience. itu dikarenakan untuk membentuk berlian, tekanan luar biasa besar sangatlah diperlukan.

Artikel Majalah Ditulis oleh : Jeanna Bryner
Sumber : Majalah Bursa Permata

MAHA BESAR Sang Pencipta Jagat Raya ini.

No comments:

Post a Comment