Storefront of World

Berbagi berbagai macam informasi dan cerita-cerita menarik yang berada di etalase dunia.

Saturday 8 March 2014

Kartu ATM tertelan di Mesin ATM


A
h hari ini tepatnya tanggal 08 maret 2014 kok kayaknya jadi hari yang sial dan berpengalaman. Kejadian apapun itu tetap di syukuri. Haha.
Panik.!!! Kartu Gue ketelen Mesin ATM.
Kenapa saya sebut hari yang sial/tidak menguntungkan, ya bisa dibilang ‘bukan hariku’. Karena disaat tadi pagi kira-kira pukul 10.00 kartu ATM saya tertelan di mesin ATM dekat kampus saya.
Berikut tips ketika kartu ATM kalian tertelan oleh Mesin ATM. Saya menggunakan kartu ATM mandiri.
Cekidot:
Apa yang akan dilakukan?
1.   Apakah ada satpam di lokasi ATM? jika ada laporkan pada pak Satpam
2.   Hubungi call center bank dimana kartu ATM anda tertelan, untuk memblokir kartu ATM. Karena saya menggunakan bank Mandiri, maka call centernya nomor 14000
3.   Buat kartu ATM baru di bank terdekat.
1. Cari bantuan terdekat
Apabila ada satpam dan anda sedang berada di satu lokasi dengan bank, maka satpam akan membantu anda  mengarahkan ke bagian CS bank, Apabila tidak ada, maka anda tak perlu makin galau, ingat, tetap tenang! Dan lakukan langkah selanjutnya.
2. Memblokir kartu ATM
Pemblokiran kartu ATM dilakukan melalui call center dengan bantuan petugas. Ini dilakukan sebagai tindakan preventif, takutnya ATM yang tertelan dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggung jawab untuk mengeruk kepentingan.
1.   Telponlah Call Center asli dari bank tersebut.



Memang  ada yang palsu? Anda tetap harus waspada karena ada banyak kasus stiker nomor telpon Call Center palsu yang tertempel di mesin ATM. Dikarenakan panik, nasabah biasanya akan segera menghubunginya. Jadi lebih bijak kalau mengecek dulu nomor Call Center pada kawan/kerabat/kolega atau bahkan bisa search di google.
2.   Petugas call center akan membantu anda untuk memblokir kartu ATM, namun sebelumnya akan ditanya beberapa informasi anda seperti  :
·        nama lengkap,
·        nomor rekening.
·    Nah jikalau anda lupa nomor rekening maka petugas akan menanyakan alamat rumah dan nama ibu kandung.
3.   Setelah petugas menemukan data anda, petugas akan menginformasikan bahwa transaksi terakhir yang dilakukan adalah bla bla bla dengan jumlah nominal transaksi sekian sekian.
4. Petugas mengkonfirmasikan pada anda apakah benar data data yang diinformasikan tadi benar dan akan dilakukan proses pemblokiran,
5.   Jika anda menyetujui maka petugas akan melakukan proses pemblokiran.
6.   Petugas menginformasikan bahwa kartu ATM telah berhasil diblokir dan anda dapat mengurus kartu ATM yang baru keesokan harinya / hari kerja pada bank terdekat.
3. Mengurus pembuatan ATM baru
Pembuatan ATM baru langkahnya cukup mudah, anda hanya perlu datang ke bank terdekat dan melakukan langkah berikut :
1.   Ke bagian custimer service bank, katakan bahwa anda ingin membuat kartu ATM baru, sebutkan alasannya.
2.   Anda akan diberikan dua form, saya lupa untuk apa saja form nya, namun yang saya ingat bahwa salah satu form memerlukan materai (dimana biaya materai akan dipotong dari rekening anda)
3.   Menerima kartu ATM baru, menuju ke teller bank untuk melakukan pembuatan PIN kartu anda.
4.   Selesai, anda dapat bertransaksi kembali menggunakan kartu ATM.


semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua

sumber : pengalaman dan beberapa tips dari : http://superpikar.wordpress.com/2013/09/14/tips-apabila-kartu-atm-tertelan/


No comments:

Post a Comment